Senin, 04 November 2019

Tugas 3 Pengantar Bisnis


    Perbedaan Manajemen dan Manajer, Peran Penting IlmuManajemen , Proses Motivasi yang terjadi dikehidupan seseorang, Pengertian Organisasi, serta Dampak Masuk Ke dalam Organisasi Formal




Perbedaan Manajemen dan Manajer 

        Manajemen yaitu system untuk mengatur perencanaan dalam suatu organisasi agar berjalan sesuai yang diinginkan bersama, dan di pimpin oleh seorang manajer. Sedangkan , Manajer yaitu seseorang yang mengatur dan bertanggung jawab atas manajemen tersebut.

    Peran Penting Manajemen Dalam Kehidupan          

              Dalam kehidupan yang serba canggih seperti ini, menurut saya manajemen  itu sangat berperan penting dalam kehidupan . Karena segala sesuatu yang akan kita kerjakan itu harus di-manage dengan sebaik-baiknya. Dengan adanya manajemen,  kita bisa mengatur semua kegiatan agar dapat kita lakukan dengan efektif, efisien dan dapat terlaksana dengan sesuai harapan. Karena semua sudah terencana maka tidak ada yang terbengkalai. Sehingga akan sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan sebelumnya.  Tanpa adanya manajemen kegiatan kita dalam kehidupan sehari-hari akan tidak teratur. Tetapi, masih banyak orang yang mengira manajemen itu hanya dapat dilakukan pada kegiatan-kegiatan yang formal dalam perusahaan maupun organisasi formal lainnya.
              Padahal nyatanya manajemen dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Manajemen tidak terbatas pada sebuah organisasi tetapi bisa juga untuk diri sendiri dalam melakukan suatu pekerjaan. Salah satu contoh pentingnya manajemen dalam kehidupan sehari-hari adalah pentingnya kita manajemen keuangan kita. Karena dengan memanaj keuangan, kita dapat mengatur keuangan dalam keseharian kita. Apabila kita tidak memanaj keuangan kita, maka yang akan terjadi hanya pemborosan penggunaan uang untuk membeli barang yang tidak penting. Dalam suatu kehidupan sehari-hari memanaj keunagn harus diterpkan agar anatara pemasukkan yang didapat dari bekerja dapat mencukupi kehidupan kita dengan memanaj pengeluaran yang keluar sehari-hari. Apabila manajemen keuangan tidak diterpkan dalam kehidupansehari-hari akan terjadi pengeluaran yang berlebihan dan tak mencukupi kehidupan kita.

    Proses Motivasi Yang Terjadi dalam Kehidupan Seseorang


    ·         Proses Motivasi yang terjadi dalam kehidupan seseorang  yaitu disebabkan adanya kebutuhan yang mendasar. Dan untuk memenuhi kebutuhan timbullah dorongan untuk berperilaku. Bilamana seseorang sedang mengalami motivasi atau sedang mengalami motivasi atau sedang memperoleh dorongan, maka orang itu sedang mengalami hal yang tidak seimbang. Setiap manusia dengan berbagai kebutuhan tidak akan pernah puas dalam memenuhi kebutuhannya. Oleh sebab itu, proses motivasi akan terus berlangsung selama manusia mempunyai kebutuhan yang harus dipenuhi. Pada dasarnya dinamika yang terjadi disebabkan adanya kebutuhan yang mendasar dan untuk memenuhinya terjadi dorongan untuk berperilaku. Proses terjadinya motivasi seseorang juga karena kebutuhan yang belum terpenuhi, mencari dan memilih cara-cara untuk memuaskan kebutuhan, Perilaku yang arahkan pada tujuan, Evaluasi Prestasi, Imbalan atau hukuman, Kepuasan dan Menilai kembali kebutuhan yang belum terpenuhi.


    Pengertian Organisasi


    ·         Organisasi adalah suatu kelompok orang yang bekerja sma untuk tujuan bersama. Sedangkan, secara terperinci pengertian organisasi adalah sebagai tempat atau wadah untuk orang berkumpul dan bekerja sama seacara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin, dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya baik uang, metode material, lingkungan, dan sarana prasarana, data dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan yang sama.

    Dampak Masuk Kedalam Organisasi Formal

    Menurut saya masuk kedalam suatu organisasi terdapat dampak positif dan negatifnya. Dampak Positif nya , Kita dapat melatih diri kita untuk menjadi seorang pemimpin ( Leadership ), Dapat menambah wawasan yang lebih luas , dapat belajar mengatur waktu , dapat mengasah kemampuan social , dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan siapapun, dapat memperluas jaringan atau Networking , dan juga dapat membentuk pola pikir yang baik. Sedangkan , dampak negatif dari masuk ke dalam organisasi  yaitu kita bisa menjadi kurang focus untuk belajar di kelas, karena yang kita pikirkan dalam mengikuti suatu organisasi bukan hanya memikirkan pelajaran di waktu kita kuliah saja. Tetapi, kita juga memikirkan sesuatu hal yang menyangkut organisasi , lalu  Jika tidak pandai membagi waktu, maka kita bisa terbengkalai dalam belajarnya. Saat kita masuk kedalam suatu organisasi, disitu kita akan terlatih bagaimana cara bertanggungjawab dan disiplin dalam segala hal yang terkait dalam organisasi. Karena masuk ke dalam organisasi merupakan sebagian contoh untuk mahasiswa lain nya , yang dapat dilihat dari kedisiplinanya maupun tanggungjawab nya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Koperasi Di Indonesia Harus Terus Meningkatkan Kinerja dan Produktivitasnya Agar Dapat Menjadi Koperasi Berskala Internasional

      ABSTRAK Objektif : Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan omzet dan jumlah anggota dari 5 Koperasi dari 300 Koperasi Du...